image facebook pixel

Mengenal tangan-tangan di balik Matoa

Matoa Factory Visit adalah program kunjungan dari aktivis maupun pelaku industri kreatif lokal ke workshop kami yang berlokasi di Bandung. Dalam kunjungannya, mereka akan ikut serta dalam rangkaian kegiatan produksi jam tangan Matoa dari masih berupa potongan kayu sampai tahap finishing. Mereka juga akan merasakan pengalaman membuat jam tangan Matoa dengan tangan mereka sendiri. Berikut adalah kisah lengkap dan pengalaman dari peserta Matoa Factory Visit!

Gita Savitri Devi (@gitasav)


“Tadi siang gue berkunjung ke kantornya Matoa untuk ketemu sama orang-orang di balik jam tangan kayu itu, sekalian cobain masang-masangin semua bagian jam.

Untuk barang sekecil ini ternyata level craftsmanship-nya nggak main-main dari awal proses konsep, desain, segala macam detailnya, sampai ke eksekusi. Buat konsumen kayak gue, hal-hal yang gue pikir sepele ternyata udah dipikirin satu per satu.

Satu yang gue notice setiap kali orang-orang ini menceritakan Matoa, gue bisa lihat passion di mata mereka. Cuma ngomongin jam lho, tapi gue bisa rasain semangatnya. Ada effort yang gede banget, yang dituangkan untuk sekali pembuatan dan effort itu bukan hanya datang dari satu orang, tapi seluruh tim.

Gue juga diceritain proses awal Matoa berdiri. Dari yang hanya punya dua pengrajin, sampai sekarang ada sekitar 50 orang. Uniknya, mereka semua berasal dari kampung yang sama di Ciwidey. Jujur gue salut sama Matoa yang mengkaryakan pengrajin lokal karena gue tau banget banyak orang Indonesia yang terampil dan butuh dikasih kesempatan untuk berkarya.

Semoga brand lokal semakin banyak yang bisa bersaing dengan brand mancanegara!

Gita Savitri Devi

Content Creator.

Siapakah tokoh yang kamu inginkan untuk Matoa Factory Visit selanjutnya?