image facebook pixel
Loading GIF - Matoa

Berekspresi Di Luar Zona Nyaman



Tiap manusia pasti memiliki hasrat untuk mengekspresikan diri. Lagu, tarian, tulisan, lukisan, semuanya adalah medium untuk menuangkan ekspresi dan rasa. Namun, apakah yang membuat kita semua berbeda? Apa yang menjadi penanda signifikan untuk membuat orang lain mengenali karya kita sebagai “kita”? Apakah wajar jika terkadang kita belum merasa cukup? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan selalu menghantui, pikiran memburu liar akan jawaban. 

Sampai pada akhirnya, untuk berkarya pun kita dijegal keraguan. Karya yang mendekati rasa cukup, terkadang hanya berakhir untuk konsumsi sendiri, tidak berani untuk diperlihatkan ke orang lain karena takut akan adanya misinterpretasi dan perbedaan persepsi akan seni itu sendiri. Namun di saat semua itu terjadi, penting bagi kita untuk selalu memiliki rasa penasaran yang kuat untuk terus mengeksplorasi diri dan metode pengekspresian diri kita. 


Hingga akhirnya kita dapat menemukan kedamaian untuk berekspresi dengan persepsi seni kita sendiri, dengan metode yang kita temukan dalam prosesnya. Dengan kedamaian inilah kita dapat membuka diri dan berani menunjukkan warna-warna unik kita kepada dunia. Yang awalnya ragu dan tidak percaya diri, didorong untuk memulai sesuatu yang berbeda hingga menemukan karakteristik diri yang unik. Penuh percaya diri dan keyakinan untuk melakukan sesuatu yang berbeda, menjadi inspirasi bagi orang lain untuk mencari apa yang benar-benar ingin mereka lakukan.

#TellYourDifference

Tags :