Menginterpretasi Ragam Versi Kebahagiaan
Oleh: Bellanic

interpretasi-kebahagiaan
google.com

Bahagia, sejatinya adalah sebuah kondisi emosi yang menunjukan perasaan senang, penuh syukur dan kepuasan. 

Mendapatkan pekerjaan, menghabiskan waktu dengan seseorang, menikmati makanan favorit, menangis terharu akan sebuah hal tak terduga dan bahkan, saat kamu bisa dengan tenang tidak melakukan apa-apa selama satu hari penuh. 

Tahukah kamu bahwa kebahagiaan memiliki hari peringatan yang dirayakan oleh dunia? Yup! International Day Of Happines adalah sebuah peringatan pada tanggal 20 maret setiap tahunnya, ide ini dicetuskan oleh seorang dermawan dan penasehat khusus PBB, bernama Illien.

Mengapa tanggal 20 maret dipilih sebagai hari kebahagiaan internasional? Karena terdapat sebuah fenomena alam yang dikenal dengan vernal equinox, atau titik musim semi matahari yang menandai dimulainya musim semi astronomis. Ekuinoks adalah kedudukan matahari tepat di ekuator yang terjadi 2 kali dalam satu tahun, yakni 19-21 Maret dan 21-24 September.
Berangkat dari hal tersebut, Illien menggambarkan kebahagiaan adalah sebuah fenomena universal yang dirasakan semua umat manusia, serta periode pembaruan dan awal baru untuk semua manusia. 
Jangan lupa tandai 20 maret di kalendermu sebagai hari kebahagiaan ya!

Bentuk Kebahagiaan Dipengaruhi Oleh Usia 

pengaruh-usia
google.com

Dalam waktu dekat ini, kami berhasil mewawancarai beberapa orang yang bersedia untuk menginterpretasikan arti dari kebahagiaan. Kami percaya, bahwa usia adalah salah satu faktor yang mempengaruhi makna kebahagiaan, baik kebahagiaan yang besar ataupun kebahagiaan kecil. Rasanya sangat menarik, mengetahui bahwa ragam kebahagiaan yang ada di sekitar kita, begitu variatif dan terasa sangat organik. Hal tersebut membuktikan satu hal, bahwa kebahagiaan itu bersifat sangat personal dan memiliki diferensiasi yang nyata.
Berikut kami rangkum beberapa pernyataan dari para narasumber, mengenai arti kebahagiaan pada rentang usia yang berbeda-beda.

  1. “ Tahun ini usia genap 23 tahun.

Hal-hal kecil seperti : pulang kerja tepat waktu, pekerjaan berjalan lancar, dikelilingi teman yang baik dan asik, bisa makan makanan yang kita sukai, pulang kerumah dalam keadaan rumah bersih, dan sehat tentunya.

Bahagia menurut saya sebenarnya bisa kita ciptakan sendiri, seperti melakukan hobi atau mendengarkan lagu kesukaan kita.

Ada kalanya kita merasa sangat senang saat berkumpul dengan teman-teman, bertukar kabar dan recharge energy dari sana. Tapi saat kita kembali lagi kerumah, kadang kita merasa sepi.

Jadi tergantung bagaimana kamu memindset pikiran kamu, saat kamu merasa bersyukur, berpikir baik-baik saja dan tidak berlebihan mengkhawatirkan sesuatu, saya rasa itu definisi bahagia lebih dari cukup :)”

  1. “Saya 22 tahun, perempuan.

Arti bahagia tuhh semakin hari semakin simple sihh yaa

Dulu waktu saya kecil, arti bahagia bagi saya adalah jika saya bisa beli mainan mewah kaya temen saya yang kaya raya

Lalu ketika saya SMP, arti bahagia bagi saya adalah bisa rangking 1 dan dapat hadiah dari wali kelas

Ketika SMK arti bahagia saya adalah bisa mendapat uang saku setidaknya 5000 ajaaa, dan saya bahagia banget kalau dapet tebengan hahaha

Nah ketika 17 tahun, ternyata arti bahagia bagi saya adalah mama. Demi apaapun hal paling bahagia di dunia ini adalah memiliki seorang ibu.

Setelah mama saya meninggal saya baru tau kalau bahagia itu adalah memiliki orang yang kaya mama di hidup saya.

Bahagia itu

  1. Bisa makan masakan mama
  2. Bisa curhat sama mama
  3. Bisa peluk mama
  4. Bisa disayang mama
  5. Bisa dimarahi mama
  6. Bisa diceramahin mama
  7. Bisa dipukul mama
  8. Diposesifin mama
  9. Memiliki mama di umur 17 tahun ke atas

Banyak sekali orang di belahan bumi ini yang tidak sadar bahwa rezeki paling berharga di hidup ini adalah punya ibu dan ditemani ibu sampai tua. Maka dari itu bagi siapapun yg lagi pusing mikirin kebahagian, jika masih ada orang tua lengkap yuk coba dipandang wajah mereka, dan disyukuri.

Karena jujur setelah mama ga ada, arti bahagia saya cuma 1. Bisa melihat adik2 saya tumbuh dengan baik walaupun tanpa mama.

Untuk saya, cara agar bisa bahagia adalah berhenti untuk merasa kecewa. Ketika kita sudah ga mudah kecewa maka disitu kita akan bahagia.”

  1. “Saya seorang pria, 47th.
    Bahagia, diwakili oleh beberapa hal antara lain, emosi yang positif, menikmati hidup dari segala aspeknya, bisa melaksanakan kegiatan agama dengan baik, hidup tenang bersama keluarga dan lingkungan, mensyukuri apa adanya namun selalu berusaha buat memperoleh yang lebih baik”
  2. “Bulan Oktober akan genap berumur 18.
    Kebahagiaan saya saat ini adalah saya dan keluarga dalam keadaan sehat. Sejauh ini masih terhindar dari covid-19, semoga tidak akan pernah. Kebahagiaan selain itu adalah bonus kebahagiaan tiap harinya”
  3. “Hai, umur ku 20 tahun ini.
    Arti bahagia ya, entah aku juga bingung arti bahagia itu apa sebenarnya haha. Ga ada hal spesifik yang bisa bikin bahagia menurutku haha”
  4. “Umur saya 32 tahun.
    Arti kebahagiaan bagi saya ketika saya diberikan ketenangan pikiran, kelapangan hati, pola hidup yang teratur, keluarga harmonis dan lingkungan yang baik”
  5. “Aku baru akan menginjak usia 28 tahun.
    Menurut aku, bahagia itu ketika masih dikelilingi orang yang baik dan peduli dengan kita. Soalnya, kadang aku merasa sulit menemukan seseorang yang benar-benar peduli dan tulus. Mereka datang lebih karena, ada maunya aja sih! Setelah puas, pergi deh!”

Setelah membaca berbagai pernyataan dari beberapa sumber tentang arti kebahagiaan yang ingin mereka rasakan di usianya masing-masing. Apakah kamu sudah berhasil menentukan, apa versi kebahagiaan menurutmu sendiri?

Pengaruh Kebahagiaan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dari kebahagiaan yang sangat penting untuk kamu ketahui adalah pengaruh yang cukup kuat terhadap kondisi kesehatan tubuh. 

Saat seseorang bahagia, tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin yang akan membuat perasaanmu menjadi lebih baik. Jadi, apa hubungannya dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh?

Beberapa hormon yang dikeluarkan saat seseorang merasa bahagia akan memberi efek yang membuat sel-sel di dalam tubuh bekerja lebih baik, beberapa hormon tersebut di antaranya adalah:

Dopamin. Hormon dopamin sendiri tak hanya bisa membuat Anda merasa lebih baik. Hormon dopamin juga berfungsi sebagai neurotransmitter yang merupakan bagian penting dari sistem kerja otak. Sensasi menyenangkan yang dihasilkan oleh hormon dopamin akan mendorong otak untuk lebih fokus dan bantu meningkatkan fungsi motorik tubuh.

Serotonin. Serupa dengan hormon dopamin, hormon serotonin yang sekaligus berperan sebagai neurotransmitter bantu mengatur suasana hati serta mempengaruhi waktu tidur, nafsu makan, serta kemampuan otak dalam menyimpan memori.

Endorfin. Hormon ini merupakan penghilang rasa sakit alami yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Anda dapat meningkatkan hormon ini ketika sedang melakukan hal-hal yang membuat perhatian Anda terpusat dan membuat Anda senang seperti makan dan berolahraga.

Oksitosin. Dikenal juga sebagai hormon cinta, oksitosin biasanya diproduksi tubuh ketika seseorang sedang melakukan aktivitas yang menunjukkan kasih sayang seperti berpelukan, berciuman, dan berhubungan seks. Biasanya perempuan memiliki tingkat oksitosin yang lebih tinggi daripada pria.

(Sumber: hellosehat.com) 

Dari penjelasan diatas, dapat digambarkan bahwa kebahagiaan mungkin saja dapat berdampak pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Belum diketahui pasti bagaimana hubungan keduanya. Namun kemungkinannya, kebahagiaan memberi pengaruh pada aktivitas poros hipotalamus-hipofisis-adrenal (HPA) sebagai pengatur sistem imunitas tubuh dan pengendalian stres agar bekerja lebih baik.

Mengingat ada banyak sekali manfaat dari kebahagiaan yang sangat berguna bagi kamu. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadi orang yang selalu berbahagia, bukan?

Kebahagiaan: Nyata Atau Ilusi?

nyata-atau-ilusi
google.com

Menyelisik sebuah perbedaan tentang cara bahagia yang dikemukakan oleh setiap orang, terkadang memang sulit. Ada yang benar-benar menunjukan perasaan bahagianya lewat ekspresi wajah, perkataan, perilaku, atau bahkan sebagian orang tidak ingin terlihat sedang bahagia sama sekali. 

Ternyata, kebahagiaan itu nyata namun bisa juga bersifat ilusi. Sebagai contoh, kamu mendapatkan bonus gaji berkali-kali lipat dari biasanya, lalu kamu melakukan selebrasi bersama teman-teman kantor untuk merayakan hari bahagia tersebut.

Namun, bisa jadi bersifat ilusi ketika sebenarnya kamu sedang dalam perasaan yang kalut dan sedih, namun menghibur diri dan berpura-pura bahagia.
Sebagai contoh, saat kamu baru saja mengetahui bahwa kamu dikhianati oleh seseorang yang begitu berarti. Dan kamu hanya menjawab, “ It’s ok! Aku senang karena kamu sudah jujur!”

Mengorbankan diri untuk terlihat berbahagia di depan orang lain, bukan hal yang baik untuk kesehatan mental kamu ya! Dalam sebuah hubungan yang mengandung intimasi, membahagiakan seseorang yang terasa sangat spesial di mata kamu, mungkin masih menjadi tujuan utamanya. Padahal, ada banyak sekali kesederhanaan yang dapat kamu lakukan untuk membuat seseorang berbahagia, tanpa menyakiti diri sendiri. Ada baiknya, kamu dapat membedakan kebahagiaan yang nyata dan ilusi. Sebelum kamu membahagiakan orang lain, yuk mulai jujur terhadap diri sendiri, apakah bahagia yang kamu rasakan saat ini adalah nyata atau ilusi? Jawabannya, ada pada lensa yang kamu gunakan untuk memandang bagaimana semestinya kehidupan di semesta ini berotasi.

Kata-kata bahagia yang indah untuk diingat dan dibagikan

Sebagai jalan untuk membuka pikiranmu tentang berbagai definisi dari kebahagiaan, Bisa jadi, membaca kata-kata tentang kebahagiaan yang bersumber dari tokoh terkenal yang telah lama familiar dengan asam garam kehidupan, bisa memberimu pencerahan dalam menjalani hidup.

Lewat artikel ini, kamu juga bisa menyimpan dan membagikan kata-kata tentang kebahagiaan kepada pasangan, teman-teman dekat atau keluarga.

1. “Sesekali ada baiknya berhenti sejenak dalam mengejar dunia dan menikmati kebahagiaan.” Guillaume Apollinaire

2. “Bukan apa yang Anda miliki atau siapa Anda atau di mana Anda berada atau apa yang Anda lakukan yang membuat Anda bahagia atau tidak bahagia. Tapi, apa yang kamu pikirkan tentang itu.” Dale Carnegie

3. “Hitung umurmu berdasarkan teman, bukan tahun. Hitung hidup Anda dengan senyuman, bukan air mata.” John Lennon

4. “Kebahagiaan hidup Anda bergantung pada kualitas pikiran Anda.” Marcus Aurelius

5. “Kita cenderung lupa bahwa kebahagiaan tidak datang sebagai hasil dari mendapatkan sesuatu yang tidak kita miliki, melainkan dengan mengakui dan menghargai apa yang kita miliki.” Frederick Keonig

6. “Saya sekali lagi merasakan betapa sederhana dan hematnya kebahagiaan: segelas anggur, kastanye panggang, tungku api kecil yang menyedihkan, suara laut. Tidak ada lagi.” Nikos Kazantzakis

7. “Kebahagiaan sejati adalah menikmati saat ini, tanpa ketergantungan cemas pada masa depan, bukan untuk menghibur diri kita sendiri dengan harapan atau ketakutan tetapi untuk beristirahat dengan kepuasan yang kita miliki”. Seneca

8. “Kebahagiaan itu seperti kupu-kupu; semakin Anda mengejarnya, semakin dia akan menghindari Anda, tetapi jika Anda mengalihkan perhatian Anda ke hal-hal lain, itu akan datang dan duduk dengan lembut di bahu Anda.” Henry David Thoreau

9. “Ribuan lilin bisa dinyalakan dari satu lilin, dan umur lilin tidak akan dipersingkat. Kebahagiaan tidak pernah berkurang dengan dibagikan.” Buddha

10. “Hanya ada satu cara menuju kebahagiaan dan itu adalah berhenti mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kekuatan atau keinginan kita.” Epictetus

Bahagia Bisa Diciptakan, Bahkan Saat Kamu Sedang Marah

bahagia-bisa-diciptakan
google.com

Jika kamu telah membaca kata-kata bahagia diatas, dan mungkin saja di dalam benakmu masih terlintas sebuah pertanyaan tentang “Apakah ada tutorial atau kiat-kiat dalam mencapai kebahagiaan?” Jawabannya, tentu tidak! Kebahagiaan, bukan sebuah hal yang bisa kamu pelajari secara teori, bukan pula sebuah keberhasilan yang dituntun atau ditentukan dari sebuah manual book. Bahkan, pernahkah kamu merasa bahagia setelah melampiaskan kemarahan?

Peristiwa yang memicu rasa marah merupakan kondisi di mana seseorang merasa tidak diuntungkan atau merasa terancam di dalam sebuah situasi. Menunjukan kemarahan merupakan bagian dari perlawanan untuk kembali mengambil peran dalam situasi yang dirasa tidak adil tersebut.

Meskipun saat kamu marah, permasalahan tidak akan selesai. Namun meluapkannya bisa membawa perasaan lega yang sepadan. Secara tidak sadar marah bisa bikin kamu merasa bahagia dan mendatangkan rasa nyaman di dalam diri
Di saat-saat tertentu, marah bisa membuat kamu bahagia dikarenakan timbulnya sebuah perasaan yang dapat membangun kekuatan diri, atau dapat dikatakan sebagai perasaan superior.

Meski begitu, rasa bahagia yang muncul saat kamu sedang dalam kemarahan, bisa disebut sebagai perasaan yang bermasalah.Karena kemarahan yang diliputi kebahagiaan bisa berbalik merugikanmu. Misalnya saja, karena merasa superior dan merasa benar, kamu bisa melakukan intimidasi secara berlebihan terhadap orang yang jadi target kemarahan kamu. Oleh karena itu, kamu tetap harus berusaha untuk mengendalikan amarah yang dirasakan.

Tanpa mengandalkan kemarahan dalam rangka mencari kebahagiaan, pada esensinya kamu bisa berbahagia dengan cara yang bahkan tidak pernah kamu duga sebelumnya.
Bahkan, kamu dapat menemukannya saat kamu sedang bepergian sendirian, tanpa perlu ditemani seseorang. Hindari perasaan takut, akan mendapatkan cibiran dan pandangan aneh dari orang-orang. Kamu sangat diperbolehkan untuk melakukan aktivitas sendiri, seperti menonton sebuah film favorit di bioskop, menghadiahi kado spesial sebagai self-reward, menikmati secangkir kopi di sebuah coffee shop pilihan, travelling ke luar kota, memanjakan tubuh dengan pergi ke salon dan spa atau night driving untuk sekedar melihat pemandangan kota di malam hari. Karena sejatinya, bahagia itu bisa diciptakan!

Opini penulis: Interpretasi Kebahagiaan

“Bahagia itu adalah sebuah hal yang didapatkan, bukan dengan cara diminta. What makes you feel so exhausted all the time, adalah ketika kita terlalu sibuk membahagiakan orang lain. Kita tidak memiliki kewajiban untuk itu dan begitupun orang lain terhadap kita. Kebahagiaan kita, adalah tanggung jawab kita sendiri. Cari kebahagiaan dan awali semuanya dengan cara mengenali diri sendiri, mencintai diri sendiri dan berdamai dengan diri sendiri.


Find our products on