Segudang Manfaat Dari Pohon Maple Untuk Keberlangsungan Hidup Manusia

kayu-maple-min-1
google.com

Siapa diantara kalian yang sering gagal fokus saat menonton drama korea? Alih-alih memperhatikan alur cerita yang dramatis atau para pemeran yang cantik dan ganteng, kamu malah fokus terhadap latar tempat pada drama Korea yang terlihat memiliki lingkungan bernuansa asri karena dipenuhi pohon-pohon rindang dengan rupa dedaunan yang cantik. 

Tenang saja, tidak ada yang salah tentang itu kok! Fenomena drakor dan segala hal tentang Korea yang saat ini dikenal dengan istilah korean wave, memang kian populer. Bukan tanpa alasan, terdapat faktor pendukung seperti halnya pemilihan latar tempat yang memaparkan suasana penuh keindahan, hal ini membuat adegan-adegan romantis jadi terasa semakin sempurna, bukan?
Indahnya pemandangan tersebut, salah satunya berasal dari sebuah pohon bernama Maple. Dominasi warna jingga yang terasa begitu segar di mata, membuat siapa saja ingin berada disana meski untuk sekedar swafoto.

Sayangnya, pohon maple mungkin hanya bisa kamu lihat di film saja lho! Penasaran mengapa seperti itu? Kita bahas lebih dalam soal pohon maple ini yuk!

1. Kayu Maple Di Indonesia

kayu-maple-di-indonesia-min
google.com

Bukan lagi sebuah rahasia, bawa Indonesia memiliki kekayaan alam yang terhampar luas. Apalagi kekayaan hutan-hutannya, dimana pohon-pohon asli Indonesia menghasilkan banyak sumber daya alam seperti karet atau kayu. Salah satunya adalah yang akan kita bahas dalam artikel ini, yaitu pohon maple.

Pohon maple memiliki beragam jenis yang tersebar di belahan dunia, terutama negara-negara yang memiliki 4 musim, salah satunya berada di Kanada, Amerika Utara. Negara yang mendapat predikat sebagai negara terbersih ketiga di dunia tersebut, memiliki banyak sekali pohon maple yang terhampar luas, hingga salah satu jenis pohonnya diberi nama Canadian Maple. 

Keberadaan pohon maple sangat berarti bagi penduduk Kanada, karena selain terdapat pohon sugar maple, yaitu pohon tertua yang telah berusia lebih dari 500 tahun, bentuk daun yang terdapat pada pohon tersebut dijadikan sebagai lambang untuk bendera negara Kanada. 

Maple tidak hanya terdiri dari satu spesies tunggal, namun terdiri dari 125 spesies yang tersebar di seluruh dunia, meliputi Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika. Spesies Acer saccharum adalah jenis maple yang hidup di kawasan Amerika Utara, sedangkan Acer laurinum adalah tanaman maple yang dapat hidup di wilayah tropis.

Jawaban untuk pertanyaan kamu soal “mengapa pohon maple jarang ditemukan di Indonesia?” adalah karena pohon maple merupakan salah satu jenis pohon yang hanya dapat bertahan lama pada habitat dengan iklim suhu 0°C bahkan di bawah 0°C. Maka dapat disimpulkan, Indonesia sebagai negara tropis, sejatinya kurang memiliki iklim yang tepat untuk pohon maple. 

Menurut para pegiat tanaman hias, peluang keberhasilan menanam maple di Indonesia hanya 20% hingga 50%. Oleh sebab itu dibutuhkan kemampuan dalam memilih jenis tanaman dan teknik menanam yang tepat agar tidak gagal tumbuh. Hal tersebut rupanya tidak menyurutkan semangat mereka, para antusias tanaman. Kabarnya di beberapa tempat telah ada laporan tentang keberhasilan menanam pohon maple di Indonesia. Namun sistem budidaya intensif dengan berbagai metode yang penuh ketelitian wajib dilakukan agar maple dapat tumbuh subur di Indonesia.

Salah satu metode tanam tumbuhan maple yang banyak dipraktekkan adalah metode stratifikasi dingin. Sistem ini terbukti cocok bagi sebagian besar jenis maple, mulai dari maple gula, maple berdaun lebar, maple jepang dan maple lain yang dorman pada musim dingin dan berkecambah ketika musim hangat. Diperlukan kehati-hatian yang cukup intens karena jika daun maple terlalu banyak mendapatkan sinar matahari, maka daunnya cenderung gosong. Sebaliknya jika berada di tempat teduh, pertumbuhannya justru menjadi semakin lambat. 

Disamping kekurangan dari pohon maple yang dilihat dari segi pembudidayaannya, ternyata pohon ini menyimpan banyak manfaat yang sangat berguna dan menarik untuk kita ketahui lho! 

2. Kenali 4 Manfaat Dari Pohon Maple 

1. Getah Maple Menghasilkan Sirup

maple-menghasilkan-sirup-min
google.com

Seorang YouTuber asal Indonesia yang saat ini bertempat tinggal di Kanada, membuat sebuah vlog singkat berjudul The best natural product from North America- HOW TO MAKE MAPLE SYRUP – Collecting maple water”, dimana ia menceritakan tentang proses pengolahan pohon-pohon maple yang dijadikan sirup. Dalam video berdurasi kurang lebih 5 menit tersebut, ia bersama pasangannya berada dalam sebuah hutan yang dipenuhi oleh pohon maple. 

Pertama-tama, mereka harus membedakan mana pohon maple dan mana yang bukan, dengan cara melihat keberadaan sebuah kaleng berukuran sedang yang menempel pada batang pohon. Kaleng tersebut bertujuan untuk menampung air gula yang dihasilkan dari getah pohon. Uniknya, kamu bisa mencicipi langsung air gula pada kaleng tersebut, namun perlu berhati-hati karena masih banyak partikel kayu yang bercampur menjadi satu di dalamnya. 

Sebagian penduduk kanada yang bertempat tinggal di pedesaan dekat hutan pohon maple, memiliki keahlian dalam memproduksi sirup maple, salah satu tempat produksi di daerah tersebut bernama Cabane à Sruce.
Mereka menampung air gula dari getah maple melalui sebuah tong besar yang nantinya akan disaring dan direbus dengan cara tradisional yaitu kayu bakar, tentunya kayu yang digunakan adalah kayu maple juga lho! Setelah melalui proses selama kurang lebih 4 jam, sirup maple siap untuk dikemas dan dijual. Selain rasanya yang lezat, sirup maple juga disinyalir memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Apakah kamu tertarik untuk mencoba sirup maple asli Kanada?

2. Kayu Maple Untuk Skateboard

maple-utk-skateboard-min
google.com

Baru-baru ini, sebuah layanan streaming film berbasis langganan, Netflix, merilis sebuah film berjudul “Skater Girl”. Merupakan sebuah film coming-of-age yang mengisahkan tentang kepercayaan diri, keberanian dan dampak mendalam dari seorang gadis dari desa terpencil di Rajasthan,India. Gadis tersebut bernama Prerna, saat dimana ia terikat akan tradisi dan kewajiban pada orang tuanya, hadirlah seorang turis asing yang akhirnya membuat Prerna mengenal permainan skateboard. Kisah inspiratif yang semakin kuat dalam film tersebut, terlihat saat mereka memulai membuat skateboard sendiri, hingga akhirnya berhasil menciptakan satu-satunya skatepark yang sebelumnya tidak pernah ada di Rajasthan. 

Hal ini membuktikan bahwa permainan skateboard bukanlah sekedar permainan biasa, namun telah berubah menjadi suatu gaya hidup. Budaya baru yang tercipta dari skateboard telah meluas hampir ke seluruh dunia. Saat ini, baik di Indonesia maupun di luar negeri, papan skateboard yang masih digunakan dan banyak tersedia merupakan papan yang terbuat dari 7 lapis kayu maple. 

Skateboard berbahan kayu maple, ternyata merupakan idaman bagi para skateboarder lho! Menurut Stevanus Anton (Owner Solitude Skateboards) yang dilansir dari laman Kompas, kayu maple merupakan bahan yang tahan dalam berbagai musim, serta tidak terlalu berat.

Mulai tertarik untuk menjadi skateboarder? Berikut 5 rekomendasi deck skateboard yang berbahan dasar kayu maple.

  • Powell Golden Flying Dragon Complete Skateboard
powell-golden-deck-skate-min
google.com

Rekomendasi skateboard satu ini sangat cocok bagi kamu yang seorang atlet skateboard profesional. Pasalnya, papan skate ini didesain khusus dengan bahan berkualitas sehingga nyaman dipakai oleh skateboarder profesional. Bahkan, Steve Caballero yang seorang skateboarder profesional dunia pun merekomendasikan skateboard keluaran Powell Golden ini.

Kalau kamu sedang belajar menjadi skateboarder profesional, sepertinya kamu wajib membeli papan skate ini. Pasalnya, papan ini dibuat dengan bahan berkualitas, dan didesain dengan cukup sederhana, sehingga mudah untuk dipakai dan dipelajari.

  • Birdhouses Skateboards Walker Monkey Decks
birdhouse-deck-skate-min
google.com

Ini merupakan salah satu produk skate terbaik buatan Birdhouses. Merek ini merupakan salah satu brand skateboard papan atas yang bermukim di Amerika Serikat. Meski papan skate ini tak terlalu lebar, namun papan ini bisa kamu pakai untuk ber-skateboarding di mana pun: entah di jalan, taman, ataupun di area kolam renang.

Selain berbahan dasar kayu maple, papan skate ini juga dibuat dari bahan-bahan lain yang berkualitas dan berkelas profesional. Hal itu membuat papan ini tergolong awet di kelasnya.

  • Element Section Black 7,75
Element-section-deck-skate-min
google.com

Element merupakan salah satu brand skateboard yang terkemuka. Element Section sendiri merupakan salah satu produk andalannya. Bagian deck pada papan skateboard ini terlihat sangat modern dan sederhana dalam waktu bersamaan.

Uniknya, konstruksi deck tersebut dibuat material plywood tebal, yang membuatnya terlihat lebih hidup dan lebih menarik secara desain, dibanding produk papan skate lainnya. Lebih jauh lagi, produk ini diklaim punya daya tahan yang lebih baik dibanding merk lainnya.

  • Moose Set of 5 Blank
moose-deck-skate-min
google.com

Kalau papan skate sebelumnya punya dua pilihan warna, maka papan dari Moose Skateboards ini punya lima pilihan warna yang bisa kamu pilih. Biru muda; kuning; putih; merah muda; dan hijau muda, adalah warna-warna tersebut.

Deck pada papan skate ini dapat membantumu lebih lincah dalam ber-skateboarding. Kalau kamu skateboarder yang hobi mengeluarkan berbagai trik skateboarding, maka kamu harus membeli papan satu ini.

Pasalnya, bagian hidung dan ekor papan ini didesain sedemikian rupa, agar pemakainya bisa mengeluarkan trik-trik skateboarding secara maksimal. Papan skate ini sendiri terjangkau harganya, serta dapat digunakan oleh skateboarder dari berbagai latar belakang usia.

  • Baker Brand Logo Deck-8.0 Black/White
google.com

Papan skateboard dari Baker Skateboards ini punya dua pilihan warna yang bisa kamu pilih: hitam dan putih. Papan skate ini juga cocok, bagi kamu yang menyukai papan skate yang tangguh di segala medan.

Produk skateboard ini bisa kamu jadikan kado untuk teman atau pasangan kamu yang hobi ber-skateboarding. Pasalnya, papan skate ini harganya terjangkau, dan bentuknya yang bagus, walau terkesan minimalis.

Kamu bisa memakai papan skate ini di berbagai macam medan, bahkan yang terkeras sekalipun. Pasalnya, papan skate ini sangat tangguh dan tak mudah patah, bahkan saat dipakai di medan yang keras dan sulit. Papan skate ini cocok untuk skateboarder di berbagai tingkat usia dan keahlian, mulai dari yang amatir hingga para profesional.

Itulah 5 rekomendasi skateboard berbahan kayu maple yang bisa kamu pilih.   Di antara semua itu, kira-kira papan mana nih yang cocok dan akan kamu beli nanti?

3. Sebagai Bahan Utama Alat Musik Gitar

maple-bahan-baku-utama-gitar-min
google.com

Musik adalah salah satu bagian dari kesenian yang merupakan unsur dari kebudayaan, bisa dibilang sudah menjadi satu kebutuhan dari manusia secara universal. Musik tercipta memang untuk memenuhi kebutuhan manusia akan sebuah keindahan. 

Tentunya, musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa, hingga mengandung unsur irama, nada, lagu dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. 
Seperti yang kamu ketahui, ada banyak sekali jenis alat musik yang mudah untuk kita kenali, seperti gitar. 

Adalah alat musik petik yang mungkin berasal dari Spanyol, dibawa pada awal abad ke-16, berasal dari guitarra latina, alat musik abad pertengahan dengan tubuh berpinggang dengan empat senar. Gitar awal lebih sempit dan lebih dalam dari gitar modern, dengan pinggang yang tidak terlalu menonjol. Itu terkait erat dengan vihuela, instrumen berbentuk gitar yang dimainkan di Spanyol sebagai pengganti lute.

Di masa kini, gitar sudah memiliki beragam jenis dan fungsi yang tentunya menghasilkan suara yang berbeda-beda. Salah satu sebab yang membuat perbedaan tersebut, adalah bahan baku yang digunakan untuk membuat gitar. 
Kayu maple adalah salah satu jenis kayu yang ternyata dapat digunakan untuk membuat sebuah gitar, adapun beberapa jenis kayu lainnya yang dapat digunakan, misalnya kayu mahoni, kayu rosewood, kayu koa dan kayu spruce. 

Lupakan dulu jenis-jenis kayu lainnya, karena kita akan membahas lebih dalam soal bagaimana kayu maple jadi bahan baku utama untuk alat musik gitar. Memangnya, apa sih spesialiti yang dimiliki oleh kayu maple hingga mampu diolah menjadi gitar?

Maple adalah kayu yang sangat populer digunakan untuk bagian neck dan fretboard pada gitar. Kayu ini mudah diidentifikasi karena menghasilkan nada yang bright dan memiliki sustain yang baik, terang laman Sound Unlimited. Kayu maple sendiri terdiri dari hard maple dan soft maple, keduanya bagus digunakan untuk pembuatan neck dan fretboard gitar. Sebab, kayu maple tergolong keras, beratnya pas dan memiliki kepadatan yang baik, tutur laman Udemy Blog.

Beberapa gitar akustik yang memakai kayu maple adalah Seagull Performer CW Flame Maple QIT, Gibson Acoustic J-45 Flamed Maple, dan Ibanez EW20ASENT.

gibson-flamed-maple-min
google.com

Maple mungkin adalah jenis kayu yang paling umum digunakan untuk membuat leher gitar, terutama gitar listrik, karena ia adalah kayu yang sangat kuat dan tahan lama yang memiliki sedikit keausan karena lingkungan dan cuaca. Ini menghasilkan nada cerah yang berkelanjutan yang layak memiliki banyak gigitan. Suara yang dihasilkan terasa segar dan jelas. Namun Maple membutuhkan finishing dan jika diberi finishing mengkilap banyak pemain menemukan gitar terlalu lengket untuk ditangani. Maple juga memiliki penampilan yang sangat ringan sehingga terlihat kotor setelah beberapa bulan digunakan. Jika Anda orang yang menginginkan nada hangat dan cerah, Anda harus memilih gitar yang terbuat dari kayu maple.

4. Kayu Maple Lembaran Untuk Dekorasi Rumah

Beberapa orang mungkin tergiur untuk menggunakan kayu sebagai material lantai di rumahnya. Walaupun begitu, memiliki lantai kayu tidak semudah yang dibayangkan. Perlu pertimbangan yang matang untuk memilih jenis kayu yang cocok serta cara perawatannya.

Dengan memilih jenis kayu yang tepat, efeknya akan sangat besar tidak hanya pada tampilan ruangan tetapi juga cara pemakaiannya, dan seberapa banyak pemilik rumah harus merawatnya seiring waktu.

Lagi-lagi, maple adalah salah satu dari sekian banyak jenis kayu yang dapat digunakan sebagai material lantai, karena banyak pelaku bisnis yang menjual kayu maple lembaran. 

Keunggulan yang dimiliki maple sebagai material dekorasi rumah adalah karena  memiliki pola butiran berbeda yang lebih halus daripada banyak kayu lainnya, tetapi lebih rentan dibandingkan beberapa kayu lain untuk membusuk karena serangga.

3. Harga Kayu Maple Di Indonesia

Meski menjadi salah satu jenis kayu yang memiliki banyak kegunaan tetapi kayu ini dijual dengan harga yang sangat ekonomis. Kayu ini sering dijadikan alternatif pembuatan berbagai macam perabot untuk menggantikan kayu Cherry yang harganya lebih mahal. Tidak hanya memiliki harga yang ekonomis, tetapi memiliki kualitas ekspor. 

Harga maple sendiri berkisar Rp600.000 dengan ukuran standar seperti, panjang 300cm, lebar 20cm dan ketebalan 3,2cm. 

Untuk informasi mengenai harga dan spesifikasi produk, kamu bisa lakukan pencarian di marketplace ya!


Berbicara soal fungsi dari pohon maple, memang tidak ada habisnya ya! Pastinya, berbagai manusia di belahan dunia ini, banyak sekali yang memanfaatkan pohon maple untuk dijadikan kebutuhan manusia, baik untuk dikonsumsi atau dijadikan sebuah product fashion. 

Sebut saja, MATOA Indonesia. Brand yang juga ikut meramaikan khazanah perkayuan dan dengan gigihnya melakukan sebuah riset untuk menciptakan jam tangan kayu berbahan maple. Menggandeng para seniman pengrajin lokal, tangan-tangan terampil mereka mampu mengolah kayu maple dan membuat terobosan baru dalam dunia fashion. 

Kini telah hadir berbagai tipe jam tangan berbahan maple dari MATOA, diantaranya adalah Matoa Rakai, Matoa Way Kambas dan Matoa Kumbang.

Kamu bisa lihat lebih banyak koleksi lainnya di laman resmi www.matoa-indonesia.com 

Sebuah pesan tersembunyi yang dapat kita ambil dari pembahasan diatas adalah “Jangan lupa untuk berterima kasih kepada alam yang sudah menyediakan kita begitu banyak hal untuk dapat dinikmati, bersyukurlah dengan cara menjaga dan menggunakannya dengan bijak ya!”

Find our products on