Semua Orang Berhak Bahagia Di Hari Ulang Tahun!

Google.com 

Bertambahnya satu tahun usia seseorang, bukan soal angka belaka. Beberapa orang memaknainya dengan cara yang berbeda-beda, bahkan ada sebagian orang yang tidak sama sekali menanggapinya sebagai sebuah hari perayaan yang penting. 

Sejujurnya, tidak ada yang salah sih dengan pemikiran tersebut, namun sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan dengan manusia lainnya, banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk memberi kebahagiaan kepada seseorang yang kita ketahui sedang berulang tahun. Meskipun hanya sesederhana rangkaian kata dan doa, mungkin itu sudah lebih dari cukup untuk membuat hari seseorang menjadi lebih baik.

Tapi, pernahkah kamu mempertanyakan tentang bagaimana awal mula sebuah perayaan ulang tahun bisa terjadi? Percayalah! Segala sesuatu itu, pasti dimulai dengan yang namanya “pertama kali”. 

Mari bersama-sama menambahkan daftar panjang pengetahuan umum kita, dengan cara menyimak penjelasan tentang sejarah ulang tahun berikut ini!

Berbagai Ritual Ulang Tahun, Ternyata Berawal Dari Sini!

Google.com 

Menurut sejarah, perayaan ulang tahun pertama kali terjadi di Mesir. Firaun yang merupakan pemimpin tertinggi di Mesir pada 3000 SM diyakini dapat berinteraksi dengan para dewa sehingga ia sangat dihormati oleh masyarakat. Tradisi ulang tahun sendiri bermula dari peninggalan yang ditemukan pada zaman Mesir Kuno.

Sebagaiman kita ketahui, ada banyak sekali ritual-ritual perayaan ulang tahun yang sudah menjadi tradisi dan sangat mengakar hingga ke berbagai lapisan masyarakat. Dan inilah fakta unik dibalik ritual yang menarik untuk kamu simak!

  1. Make a wish bertujuan untuk mengungkapkan permohonan dan rasa syukur ini, berawal dari masyarakat Yunani Kuno yang percaya bahwa asap adalah salah satu sarana dalam menyampaikan pesan dan permohonan kepada dewa.

  2. Balon pada zaman dahulu terbuat dari usus dan kandung kemih binatang yang kemudian diisi dengan air. Suku Aztec tidak mengisi balon dengan air, melainkan dengan udara dan membentuknya seperti binatang untuk dipersembahkan pada para dewa.

  3. Kue Ulang Tahun pertama diberikan di kuil Artemis dengan lilin di atasnya yang bermakna sebagai sinar dan kilauan cahaya rembulan. Di era Yunani Kuno, Artemis merupakan dewi hewan liar, pemburu, dan kelahiran. Dia juga dikenal dengan sebutan “Bulan“.

  4. Kartu Ucapan Ulang Tahun juga tidak pernah ketinggalan. Budaya pemberian kartu ucapan ulang tahun diawali di Inggris sejak lebih dari satu abad yang lalu. Sebenarnya, kartu ucapan ini diberikan kepada seseorang yang berulang tahun karena si pemberi tidak bisa menghadiri perayaan. Tetapi saat ini justru kartu ucapan menjadi satu keharusan pada saat memberikan kado pada yang berulang tahun.

  5. Lagu Happy Birthday to You! berasal dari lagu Good Morning to All yang ditulis oleh Patty Hill dan Mildred J Hill pada tahun 1893. Lagu ini dinyanyikan untuk mengawali pembelajaran di kelas. Pada tahun 1924, Coleman mempublikasikan sebuah buku lagu dengan irama hampir mirip dengan Good Morning to All. Hanya saja ada beberapa tambahan lirik yang baru.

  6. Awalnya perayaan ulang tahun hanya untuk pria!
    Cerita lain datang dari zaman Romawi Kuno. Bangsa Romawi melakukan perayaan ulang tahun untuk teman-teman dan keluarga mereka. Bahkan pemerintah di masa itu membuat peraturan hari libur untuk mengobservasi kegiatan masyarakatnya, terutama untuk kelas menengah ke atas. Saat itu, perayaan ulang tahun hanya khusus untuk kaum pria. Pada masa ini tradisi memberi kado mulai dijalankan. biasanya kado yang berharga adalah tepung terigu, minyak zaitun, madu dan keju parut. Akhirnya di abad ke-12, perempuan Romawi baru boleh merayakan hari lahir mereka.

  7. Kue Ulang Tahun Pertama Diciptakan Tukang Roti Jerman
    Di abad ke-18, perayaan ulang tahun mulai menyebar ke seluruh dunia, bahkan di China. Di Jerman, perayaan ulang tahun anak-anak haruslah ramah dan menyenangkan. Untuk membuat suasana lebih menyenangkan, dibuatlah kue ulang tahun yang awalnya berbentuk roti. Lalu di atas roti diberi lilin-lilin yang bila ditiup (mitosnya) dapat mengabulkan harapan.

  8. Kue Ulang Tahun Manis dan Cantik Hanya Untuk Orang Kaya
    Pada masa revolusi industri, kue ulang tahun dibuat lebih mewah dan manis, sebagai simbol manisnya pertambahan usia. Pada masa itu, roti dianggap sebagai makanan kelas biasa yang bisa dinikmati semua kalangan. Maka diciptakan kue-kue manis yang bentuknya cantik untuk perayaan ulang tahun keluarga-keluarga kaya. Tapi pada akhirnya, saat semua orang sudah bisa membeli bahan kue dan bisa membuat kue ulang tahun, tradisi ini menyebar ke seluruh dunia.

  9. Orang Kristen Merayakan Hari Lahir Yesus
    Karena kepercayaannya bahwa manusia dilahirkan dengan “dosa leluhur”, gereja Kristen menganggap perayaan ulang tahun sebagai hal yang tabu selama beberapa ratus tahun. Baru sekitar abad ke-4 orang Kristen berubah pikiran dan mulai merayakan hari lahir Yesus yang sekarang ini dikenal dengan hari Natal.

  10. Pernak-pernik Ulang Tahun di Dunia
    Di China, merayakan ulang tahun anak yang kedua justru adalah yang terpenting karena dapat menyiratkan keberuntungan.

    Di Inggris, orang yang berulangtahun akan mendapatkan kue fortune telling cookies yang apabila dimakan dan terdapat koin di dalamnya dipercaya akan mendapatkan keberuntungan yang berlimpah.

    Di Indonesia, Solo, Jawa tengah, ada tradisi unik. Anak yang berulang tahun akan mengundang teman-temannya datang ke rumahnya. Acara ulang tahun itu dimulai dengan pembacaan doa menurut kepercayaan masing-masing lalu dilanjutkan dengan menyantap Nasi Pincuk, nasi yang dibungkus dengan daun pisang siap saji. istilah perayaan ulang tahun ini sering disebut bancaan.

Pentingnya mengetahui sejarah dari berbagai hal di dunia ini, bertujuan untuk menambah literasi dalam memperluas wawasan kita. Jadi, jangan pernah sungkan untuk mencari fakta-fakta unik dan peristiwa di masa lampau yang menjadi titik awal bagaimana kehidupan ini bisa terjadi sedemikian rupa.

Konsep ulang tahun di masa kini, juga mengalami banyak perubahan seiring berkembangnya peradaban manusia.
Sebagian orang yang bahkan tidak menyukai momen hari kelahirannya sendiri yang disebabkan oleh bermacam-macam faktor yang mempengaruhinya, padahal hari ulang tahun sangat identik dengan kebahagiaan, karena kita mendapatkan berbagai bentuk perhatian dari orang-orang terdekat. Seperti misalnya; doa dan ucapan selamat ulang tahun, mendapat traktiran atau dihadiahi sebuah kado spesial, yang sekaligus memberi kenangan terhadap seseorang yang memberikannya kepada kita.

Bicara soal kenangan, tentu kita ingin dikenang dan diingat sebagai seseorang yang punya arti kebaikan di mata orang lain. Untuk itu, pemilihan kado juga perlu perhatian khusus, agar kamu tidak salah menghadiahi sesuatu yang tidak memiliki nilai sentimental atau hanya sebatas benda yang masa pakainya tidak lama. Meski tidak semua hal bisa dinilai dari benda, tapi bukankah lebih baik memberi sebuah tanda mata yang penuh makna, berkesan dan abadi untuk dikenang?

Bukan sebuah kebetulan juga, jika dalam kurun waktu yang berdekatan, ada banyak orang terdekat kamu yang sedang berulang tahun. Jadi sepertinya, kamu perlu rekomendasi kado untuk keluarga, teman, pacar atau kerabat saat datangnya momen spesial mereka nanti. 
Untuk itu, berikut kami sajikan 10 kado anti-mainstream yang bisa memberi kamu inspirasi!

10 Rekomendasi Kado Ulang Tahun Kreatif Dan Anti-Mainstream 

  1. Mug


Google.com 

Dengan sedikit sentuhan kreatif seperti sketsa atau sekedar coret-coretan berpola, mug polos bisa berubah jadi kado yang berkesan nih buat temanmu. Mug bisa dihiasi dengan hal yang dia senangi atau bahkan cukup dengan menulis inisial namanya. Lucu kan?

  1. Hand Lettering Tote Bag

Google.com 

Kalau kamu bukan tipe orang yang jago ngomong walaupun itu cuma sekedar untuk memberikan semangat kepada temanmu, kado ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menyampaikannya melalui tote bag yang kamu lukis. Tote bag polos bisa kamu tuliskan kutipan-kutipan menarik untuk menyemangati hari-harinya.

  1. Kolase Foto

Google.com 

Coba kamu cek di album foto-fotomu, kalau ada banyak kenangan foto bersama dia, kamu bisa membuatnya seperti kolase untuk sebuah kado. Kolase foto bisa kamu kreasikan dengan bingkai atau bisa juga kamu jadikan wallpaper untuk hiasan dinding kamarnya. Kalau mau yang lebih unik lagi, kamu bisa kreasikan kolase foto untuk frame lampu tidur buatanmu. Biar memori yang ada, bisa menyinari malam-malamnya.

  1. 365 Message Jar

Google.com 

Selanjutnya ada 365 message jar atau biasa disingkat (MJ). Ini merupakan sebuah stoples yang berisi kertas (berisi pesan) yang ingin disampaikan dari pengirim kepada penerima.

MJ ini memiliki cara kerja yang tidak biasa dibandingkan dengan stoples pada umumnya, lho. Si penerima hanya boleh membuka satu kertas setiap harinya sampai semua pesan tersebut terbaca (365 hari atau 1 tahun).

Isi dari pesannya kamu boleh tulis dengan kata-kata penyemangat, motivasi, quote dari buku maupun bentuk apresiasi untuk si penerima.

  1. Mixtape

Google.com 

Buat pencinta musik, ini sepertinya sangat pas untuk dijadikan inspirasi kado berikutnya. Mixtape merupakan suatu kompilasi musik dari berbagai sumber yang direkam ke dalam satu media seperti kaset, CD atau digital playlist seperti spotify, joox, atau iTunes. Lebih menarik lagi, saat kamu bahkan punya lagu sendiri dan ingin mengunduhnya di platform musik digital.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat mixtape lho! 

  • Kenali siapa yang akan kalian buatkan mixtape. Mixtape ini bisa ditujukan untuk pacar, keluarga, teman, dan lainnya. Cari tahu apa genre yang mereka sukai, apa arti mereka di hidup kalian.
  • Cari tahu pesan apa yang kalian ingin coba sampaikan melalui mixtape. Biasanya orang akan memilih melalui judul lagu, tempo dari lagu, ataupun lyric pada lagu tersebut. Tidak ada yang salah ataupun ​​benar dari pemilihan lagu berdasarkan cara – cara tersebut, yang paling penting adalah pesan yang kalian ingin sampaikan.
  • Pilih lagu yang paling pas. ini adalah tahap paling penting dalam membuat sebuah mixtape. Kebanyakan ketika membuat mixtape orang akan mencari terlebih dahulu dari playlist dan juga library yang mereka miliki. Tapi membuat mixtape juga sebuah kesempatan untuk mencari lagu baru untuk diri kita sendiri. Kuncinya adalah mendengarkan dan merasakan apa yang pas dan mana yang kurang pas.
  • Pilih urutan lagu yang pas. Setelah memilih beberapa lagu, saatnya untuk mengurutkan lagu – lagu tersebut agar mixtape ini bisa bercerita tentang pesan apa yang ingin disampaikan dan pendengar bisa menerima pesan tersebut.
  • Berikan judul pada mixtape.
  1. Sketsa Atau Ilustrasi

Google.com 

Inspirasi selanjutnya adalah untuk kamu yang memiliki hobi menggambar, baik secara manual atau digital. Memberikan ilustrasi atau lukisan sketsa wajah, merupakan salah satu benda yang akan terlihat sangat eksklusif jika kamu jadikan suatu kado.
Memberi kado berupa seni illustrasi atau sketsa wajah yang kamu lukis sendiri, bisa memberikan kesan artistik yang mendalam dan membuat si penerima akan merasa sangat spesial.

  1. Jam Tangan Kayu Dengan Grafir Nama

Google.com 

Selain merupakan sebuah aksesoris yang bisa menambah nilai estetika terhadap penampilan sehari-hari, jam tangan kayu memiliki keunikan dan spesialitinya, yakni sebagai penanda agar kita dapat terus menghargai arti sebuah waktu.

Matoa, sebagai salah satu pionir jam tangan kayu di Indonesia, memiliki fitur grafir nama yang sengaja diciptakan untuk memberi sentuhan makna yang mendalam kepada teman, sahabat, pacar atau siapapun yang dihadiahi jam Matoa.

Melebihi arti dari sebuah kado, jam tangan Matoa adalah sebuah mahakarya yang menyimpan banyak cerita bagi Si Pemiliknya. 

  1. Pull Out Photo Album Box

Google.com

Hadiah ini bisa membuat foto – foto kenangan yang sudah kalian lalui menjadi sesuatu yang berarti ketika mereka membuka dan menarik keluar foto – foto yang telah disusun.

Hal – hal yang perlu dilakukan cukup sederhana, hanya dengan mengumpulkan foto – foto yang penuh nilai historikal tinggi lalu menempel dan mengguntingnya hingga menjadi sebuah pull out photo album.

  1. Little Box Of Sunshine

Google.com

Little Box of Sunshine merupakan kotak yang berisikan produk – produk kebutuhan sehari – hari yang diberikan dengan tujuan untuk mencerahkan hari seseorang. Dengan warnanya yang kuning, dan dengan isi produk produk dengan warna senada, diharapkan seseorang yang mendapatkan hadiah ini bisa tercerahkan harinya.

Tidak hanya untuk hadiah ketika ulang tahun, hadiah ini bisa diberikan kapanpun, seperti contohnya ketika ingin memberikan hadiah ucapan terimakasih, atau ketika ingin menghibur seseorang yang sedang dirasa bersedih, hadiah ini adalah jawabannya.

Tidak perlu berisi produk yang mahal, produk sehari – harilah menjadi isi dari kotak ini. Seperti contohnya pernak-pernik atau hiasan kamar berukuran kecil, alat tulis, aksesoris, makanan ringan, minuman dan barang – barang lainnya yang mudah ditemui sehari – hari karena memang little box of sunshine hadir dengan konsep affordable gift.

  1. Explosion Box

Google.com 

Tenang aja! Ini bukan kotak meledak yang berbahaya kok. Istilah explosion box ini maksudnya buat mendeskripsiin kalo sisi kotaknya ini dibuat sedemikian rupa jadi ketika kita buka tutup dari kotak ini, seakan -akan kotaknya akan meledak. Hadiah ini cocok banget dibuat untuk hadiah ulang tahun, hadiah wisuda, bahkan anniversary. Isi dari kotak juga bermacam – macam tergantung dari kreatifitas dan kebutuhan.

Karena kotak ini dibuat sendiri, maka kita bisa menyesuaikan isi dari kotak. Misalnya, Disisi dari kotak dipasang foto – foto kenangan, atau ditulisi pesan – pesan, bisa juga ditempel snacks mini, dan meletakkan hadiah utama di tengah – tengah kotak. Semua itu tergantung dari kebutuhan dan juga kreatifitas masing – masing!

Bersenang-Senang Diatas Kebahagiaan Orang Lain!

Setelah membaca keseluruhan artikel tentang konsep perayaan hari ulang tahun ini, mungkin akan hadir buah pemikiran-pemikiran baru dalam memberikan seseorang yang sangat berarti bagi kamu sebuah perhatian lebih, khusunya di hari ulang tahunnya.

Teruntuk siapapun yang masih memandang fana tentang konsep perayaan ulang tahun, tidak apa-apa kok! Ini semua hanya soal sudut pandang dan prioritas setiap orang yang berbeda-beda. Pun, tidak ada salahnya ya jika kamu ingin memberikan sebuah kado kepada seseorang, meskipun itu bukan di hari ulang tahunnya. Karena intisari dari tulisan ini adalah agar kita turut bersenang-senang diatas kebahagiaan orang lain!

Perlu kamu ingat juga bahwa ada banyak cara mudah dalam memaknai kehadiran seseorang di hidup kamu dan semua hal baik yang kamu lakukan pasti akan ada timbal balik yang datang secara tiba-tiba tanpa disadari.

Mari kita mulai, dengan percaya bahwa semua orang berhak bahagia di hari ulang tahunnya!

Find our products on