Vakansi Di Penghujung Tahun; Hidupkan Lagi Senyawa Kebahagiaan

Google.com

Siapa sih yang tidak semangat menyambut vakansi di penghujung tahun untuk  liburan melepas penat yang tertimbun selama hampir dua tahun karena berdiam diri di rumah? Yup! Senang sekali mendengar kabar baik bahwa  saat ini pemerintah telah melonggarkan peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan melakukan uji coba pembukaan kembali destinasi wisata di Pulau Jawa dan Bali.

Meskipun kabarnya terdapat pemangkasan cuti bersama pada 24 Desember 2021 yang termaktub dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021. 

Keputusan ini dibuat dalam langkah aspiratif pemerintah untuk menghindari lonjakan kenaikan penyebaran Covid-19. Namun tidak perlu khawatir, kamu masih bisa memanfaatkan waktu liburan yang singkat dengan berbagai cara, kok!

Ditetapkannya berbagai kebijakan diatas, masih menjadi sedikit angin segar bagi seluruh penduduk Indonesia. Selain untuk memberikan semangat yang sempat padam karena efek pandemi, ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk kembali menghidupkan geliat pariwisata di Indonesia, setelah program pemerataan vaksinasi yang tengah digulirkan hingga saat ini. Dalam penerapannya, pemerintah tentunya tetap memberikan beberapa syarat seperti penerapan protokol Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) di berbagai akomodasi penginapan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Vakansi Di Penghujung Tahun Era Pandemi

Bagi kalian para traveler, pasti sudah sangat tidak sabar untuk bisa kembali melakukan aktivitas vakansi di penghujung tahun terutama ke berbagai daerah yang diidamkan. Namun, kita belum sepenuhnya dapat merasakan liburan yang sesungguhnya, seperti yang biasa dilakukan pada tahun-tahun sebelum pandemi melanda. 

Jangan khawatir! Selalu ada cara menciptakan waktu untuk kebahagiaanmu sendiri. “Liburan”, anggaplah itu hanya sebuah kosakata yang bisa kamu maknai dan diimplementasi dengan cara yang berbeda-beda dari setiap orang. Hal penting yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk berlibur adalah pastikan dengan matang tentang benefit dari liburan seperti apa sih yang ingin kamu rasakan?

Dalam kesempatan kali ini, MATOA ingin memberikan informasi mengenai gaya liburan yang sedang tren saat ini yang mungkin dapat dijadikan referensi sebelum kamu memulai liburan.

Melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi

Meskipun telah mendapatkan vaksinasi, banyak dari traveler yang saat ini memilih untuk melakukan perjalanan liburannya menggunakan mobil pribadi atau yang disebut road trip. Selain agar tetap aman, perjalanan liburan yang panjang bersama teman, keluarga, serta orang terkasih juga dapat memupuk kekompakan supaya liburan bisa menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

Baik kendaraan seperti mobil atau motor, pastikan kendaraanmu dalam keadaan yang baik sebelum melakukan perjalanan ya! 

Jelajah wisata domestik

Jika sebelum adanya pandemi kita bebas berlibur ke berbagai destinasi wisata baik domestik maupun luar negeri. Dengan adanya pembatasan aktivitas bepergian dari dalam maupun ke luar negeri, saat ini wisata domestik semakin diminati. Para traveler mulai mengeksplorasi berbagai sudut destinasi wisata domestik sebagai tujuan liburannya. Hal ini tentunya turut dapat membantu memulihkan pariwisata Indonesia pasca pandemi.

Wisata alam untuk relaksasi

Traveler kini lebih banyak memilih wisata alam, selain untuk merelaksasi badan dan pikiran usai berkutat dengan pekerjaan, ruangan terbuka juga dinilai dapat meminimalisir penyebaran Covid-19. Hal ini menjadi landasan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi kegiatan wisata alam akan semakin berkembang pasca pandemi. Selain itu, kini masyarakat juga semakin memperhatikan kebugaran untuk menjaga kesehatan. Tidak heran jika kegiatan adventure dan wellness tourism menjadi idola akhir-akhir ini.

Eksplorasi wisata kuliner lokal via online

Bagi food traveler, sebutan untuk orang yang suka berwisata makanan, tentunya tidak pas jika berlibur ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas atau yang sedang tren di daerah tersebut. 

Jika sebelumnya food traveler bisa bebas berkunjung dari satu kedai ke kedai lainnya, untuk tetap menjaga kesehatan dan keamanan, kini kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui pemesanan online. Food traveler bisa memesan berbagai menu makanan favorit untuk diantar ke penginapan. Selain lebih menghemat waktu, food traveler juga bisa mencicipi lebih banyak menu sambil bersantai menikmati fasilitas di penginapan.

Staycation, tetap jadi idola!

Staycation di Indonesia semakin populer sejak pandemi. Staycation dinilai dapat melepas penat di tengah pandemi dan minim resiko penyebaran covid-19. Fasilitas penginapan yang menarik dan penerapan protokol kesehatan yang ketat membuat lebih banyak traveler yang memilih untuk melakukan staycation di penginapan favorit.

Tren wisata diatas merupakan referensi yang bisa kamu lakukan dalam edisi liburan singkat di pengujung tahun 2021 nanti. Meskipun perayaan liburan akhir tahun ini hanya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, namun yang terpenting adalah menjaga kita semua agar tetap aman dari bahaya efek yang ditimbulkan oleh pandemi ini. Semoga semua cepat pulih, agar kita bisa menjangkau destinasi yang lebih jauh dan seru pada kesempatan liburan berikutnya.

Bicara soal destinasi, ada banyak sekali negara yang banyak menjadi incaran oleh para travelers. Berbagai macam bentuk keindahan yang mungkin saja sulit mereka temui di negaranya sendiri, menjadi sebab seseorang rela untuk merogoh kocek lebih dalam untuk melancong ke luar negeri dengan tujuan untuk berlibur.

Sama halnya dengan kita sebagai warga negara Indonesia, sebagian dari mereka yang memiliki budget lebih untuk liburan pasti ingin merasakan sensasi tempat baru yang belum mereka rasakan sebelumnya di negara sendiri. Sebetulnya, tidak ada masalah jika kamu memang senang bepergian ke luar negeri untuk mencari tempat-tempat eksotis yang kamu pikir tidak ada di Indonesia.

Tapi, tunggu dulu! Kami berhasil menemukan sebuah artikel yang menunjukan sebuah perbandingan, dari beberapa tempat wisata di luar negeri yang keindahannya serupa dengan yang dimiliki oleh Indonesia. Penasaran? Simak ulasannya!

23 Lokasi Vakansi Di Penghujuang tahun Yang Indah Di Berbagai Belahan Dunia

Jika kamu memiliki hasrat bertualang yang tinggi, maka inilah hari keberuntunganmu. Bersiaplah bergabung dengan kami pada petualangan epik keliling dunia, bahkan tanpa harus selangkah pun meninggalkan Indonesia!

1. Salah satu formasi bebatuan terindah di dunia, terdapat di Antelope Canyon.

Antelope Canyon, Amerika Serikat – Google.com 

Tidak usah jauh-jauh, di Wisata Bukit Pelalangan di Bangkalan juga ada! Destinasi ini begitu mirip dengan saudara kembarnya di negeri Paman Sam!

Wisata Bukit Pelalangan, Bangkalan, Indonesia – Google.com

2. Kenal dengan pemandangan indah khas film-film silat buatan Cina tempo dulu? Selamat datang di Taman Nasional Zhangjiajie di Cina.

Taman Nasional Zhangjiajie, Cina – Google.com

Tahan sebentar…sepertinya di Lampung juga ada! Pantai Pegadungan tentu bisa jadi lokasi syuting film yang tak kalah menarik!

Pantai Pegadungan, Lampung, Indonesia – Google.com

3. Ini dia Danau Plitvice di Kroasia, yang terkenal karena keindahannya dan warna airnya yang bisa berubah.

Danau Plitvice, Korasia – Google.com

Danau indah berwarna-warni, terletak di tengah hutan pegunungan? Apakah yang kamu maksud Telaga Warna di Dataran Tinggi Dieng?

Telaga Warna, Dataran Tinggi Dieng, Indonesia – Google.com

4. Bersantai sejenak di pemandian air panas alami bertingkat yang terletak di Pamukkale, Turki.

Pamukkale, Turki – Google.com

Kamu bisa menemukan dunia menyerupai salju ini di Danau Kaolin, bekas penambangan kaolin di Belitung.

Danau Kaolin, Pulau Belitung, Indonesia – Google.com

5. Karnaval di Rio De Janeiro digadang-gadang sebagai karnaval terbesar di dunia

Karnaval Rio De Janeiro, Brasil – Google.com

Kamu juga bisa menjumpai kostum-kostum spektakuler tersebut (bahkan jauh lebih keren) juga di Solo Batik Carnival di Surakarta.

Karnaval Batik Solo, Surakarta, Indonesia – Google.com

6. Di Kenya, Cagar Alam Maasai Mara menyimpan savana keemasan yang membentang sejauh mata memandang.

Cagar Alam Maasai Mara, Kenya, Afrika Timur – Google.com

Yakin savana tidak bisa ditemukan di Indonesia? Tanyakan hal tersebut kepada pengelola Taman Nasional Baluran, dan biarkan mereka membuktikan jika kamu salah besar.

Taman Nasional Baluran – Google.com

7. Bersiaplah menaklukkan jalanan berbatu dalam perjalanan menuju Giant’s Causeway, sebuah tumpukan formasi bebatuan yang megah di Irlandia Utara.

Giant’s Causeway, Irlandia Utara – Google.com

Kamu mungkin tidak akan percaya, tetapi Pantai Semeti di Lombok juga memiliki formasi bebatuan megah dan begitu juga ombak yang besar!

Pantai Semeti, Lombok, Indonesia – Google.com

8. Kamu pencinta langit cerah dan air jernih? Pergilah ke Pulau Bora Bora, Tahiti, untuk menikmati liburan sempurna di pulau surga.

Pulau Bora Bora, Tahiti – Google.com

Tapi kalau tidak mau pergi terlalu jauh, ada Pulo Cinta di Gorontalo, yang nggak kalah keren untuk destinasi yang lebih dekat namun masih memiliki suasana Tahiti yang begitu kental!

Pulo Cinta, Gorontalo, Indonesia – Google.com

9. Pernah lihat jembatan unik yang dibangun dari akar pepohonan hidup di Cherrapunji, India?

Cherrapunji, India – Google.com 

Jangan kaget – Jembatan Akar (Sumatera Barat) adalah versi Indonesia untuk keajaiban alam ini.

Jembatan Akar, Indonesia – Google.com

10. Di Danau Lugu, Cina, Anda bakal dibuat terpukau oleh pemandangan gunung yang membentang.

Danau Lugu, Cina – Google.com

Tapi, bukankah pemandangan yang seperti itu sudah tak asing lagi? Ya, siapa sih tak kenal dengan Danau Toba?

Danau Toba, Indonesia – Google.com

11. Di sebelah utara Mongolia, tenda tradisional yurt berdiri tegak di Xilamuren Prairie.

Xilamuren Prairie, Mongolia – Google.com 

Kenapa harus melanglang jauh kalau kamu bisa mendapatkan suasana yang sama di Highland Park Resort, Bogor?

Highland Park Resort, Bogor, indonesia – Google.com

12. Pasir pink berkilau dan air yang sangat jernih melimpah ruah di Pantai-Laguna Balos, Kreta, Yunani.

Pantai-Laguna Balos, Kreta, Yunani – Google.com

Tapi, pantai mana lagi yang bisa mengalahkan warna pink yang dimiliki oleh Pantai Tangsi andalan Lombok?


Pantai Tangsi andalan Lombok – Google.com

13. Ya, pemandangan berwarna ungu di Mont-Ventoux, Prancis, itu berasal dari padang bunga lavender yang indah.

Mont-Ventoux, Prancis – Google.com

Dan… lautan ungu di Oro-Oro Ombo, Gunung Semeru, ini adalah rumah dari tanaman verbena asal Brasil. Spesies yang berbeda, tetapi memiliki keindahan yang sama.

Oro-oro Ombo, Gunung Semeru, Indonesia – Google.com

14. Saatnya mengenakan baju hangat di Islandia yang dingin, dimana Kawah Viti menyapamu dengan air berwarna biru tua dan pegunungan yang berwarna-warni.

Kawah Viti, Islandia – Google.com

Dan di sisi dunia yang berbeda, Danau Kawah Kelimutu membuat siapapun tercengang dengan pemandangan yang persis sama.

Danau Kawah Kelimutu, Indonesia – Google.com

15. Di Bermuda, Gua Crystal memiliki formasi stalagmit yang menakjubkan, berpadu dengan air jernih berwarna biru

Gua Crystal, Bermuda – Google.com

Namun masih kalah seru kalau dibandingkan dengan Gua Rangko di Flores, karena disini kamu bisa langsung berenang di dalamnya!

Gua Rangko, Flores, Indonesia – Google.com

16. Konon Stephens Gap, Alabama, memberikanmu satu-satunya kesempatan sekali seumur hidup untuk berpura-pura menjadi seorang malaikat yang turun dari surga.

Stephens Gap, Alabama, Amerika Serikat – Google.com

Tetapi kenyataanya, Gua Jomblang di Yogyakarta juga menawarkan pengalaman yang persis sama. Jangan-jangan keduanya didesain berbarengan?

Gua Jomblang, Yogyakarta, Indonesia – Google.com

17. Di Arizona, tebing batu pasir di Havasu Canyon jadi pembatas sebuah danau indah yang berwarna pirus, menciptakan pemandangan yang sungguh memukau.

Havasu Canyon, Arizona, AS – Google.com

Dan suasananya nyaris “dijiplak” mentah-mentah oleh Green Canyon di Jawa Barat. Bahkan, di tempat ini kamu juga bisa bermain body rafting di atas aliran air berwarna pirus tersebut!

Green Canyon, Jawa Barat, Indonesia – Google.com

18. Tenggelamlah dalam kekayaan sejarah dan budaya di Angkor Wat, Kamboja, sebuah kompleks candi kuno peninggalan Kerajaan Khmer.

Angkor Wat, Kamboja – Google.com

Wait, What? Kenalkan dengan saudara kembarnya, Candi Prambanan – candi setinggi 47 meter di Yogyakarta!

Candi Prambanan, Yogyakarta, Indonesia – Google.com

19. Buka mata dan biarkan pemandangan tak bercela Kepulauan Koh Phi Phi, Thailand, membuatmu takjub.

Kepulauan Koh Phi Phi, Thailand – Google.com

Kenapa harus melancong jauh ke Thailand? Semantara Kepulauan Raja Ampat di Papua juga sama indahnya!

Kepulauan Raja Ampat, Papua, Indonesia – Google.com

20. Di seberang Pasifik Selatan, para Hobbit pernah bermukim di Hobbiton Movie Set di Selandia Baru

Hobbiton Movie Set, Selandia Baru – Google.com

Tapi rupanya, beberapa dari mereka telah bermigrasi ke Bandung, dan sekarang tinggal di The Farmhouse.

The Farmhouse, Bandung, Indonesia – Google.com

21. Rasanya panas sekali di Danau Kawah Inferno di Selandia Baru, pemandian air panas vulkanik alami yang tersembunyi di tengah hutan lebat.

Danau Kawah Inferno, Selandia Baru – Google.com

Tetapi jika berbicara tentang keindahan kabut, Kawah Putih bisa jadi kawah yang paling cantik dan paling dingin di Bandung.

Kawah Putih, Bandung, Indonesia – Google.com

22. Jalan-jalan ke Brazil belum lengkap kalau tidak singgah ke puncak Gunung Corcovado dan menyambangi Patung Kristus Penebus (Cristo Redentor) yang begitu ikonik.

Patung Kristus Penebus (Cristo Redentor), Brazil – Google.com

Tapi daripada mengeluarkan uang banyak untuk pergi ke Brazil, di Toraja juga terdapat Patung Yesus yang terletak di Puncak Buntu Burake dan digadang-gadang mengalahkan ketinggian Patung Kristus Penebus!

Patung Yesus, Toraja, Indonesia – Google.com

23. Bagi sebagian orang, mengunjungi Eropa adalah mimpi mereka, termasuk berlibur ke Praha di Republik Ceko yang termahsyur akan keindahan arsitektur bangunan dan gereja-gereja kunonya.

Praha, Republik Ceko – Google.com

Padahal mimpi tersebut bisa diwujudkan dengan mudah ke Ruteng, kota sejuk di Nusa Tenggara Timur, dimana kamu dapat menikmati atmosfer khas Eropa kuno dengan patung-patung dan katedral-katedral megah.

Ruteng, Nusa Tenggara Timur – Google.com

Tahun Baru, Nyawa Baru!

Nah, kita telah tiba di akhir perjalanan kita keliling dunia. Siapa sangka jika semua pemandangan terkenal di dunia ini bisa langsung dinikmati di Indonesia? Referensi diatas dapat kamu simpan  terlebih dahulu untuk kemudian direalisasikan pada kesempatan liburan yang sudah kondusif dan waktu yang cukup banyak dimiliki, agar tidak terasa terburu-buru.

Kenyataannya, tidak perlu waktu lama sampai akhirnya bisa mengatakan bahwa kamu telah benar-benar keliling “dunia”. Selain untuk menghemat anggaran liburan, sebagai warga negara Indonesia rasanya kita perlu untuk mengetahui lebih dalam tentang seluk-beluk wisata tanah air tercinta ini.

Perlu kami sampaikan juga, bahwa keindahan dan eksotisme bumi pertiwi Indonesia inilah yang hingga saat ini menjadi inspirasi utama untuk MATOA Indonesia, dalam menemukan semangat berkarya menciptakan jam tangan kayu. 

Adaptasi budaya, penggunaan bahan baku kayu Eboni asal Pulau Sulawesi, hingga budidaya pengrajin  telah berhasil menunjukan entitas Indonesia kepada dunia yang kami kemas dalam sebuah pengingat waktu dan menjadi kebanggaan yang tak ternilai.

Dan apapun jenis liburan yang pada akhirnya kamu pilih. Semoga kita semua dapat menghidupkan kembali senyawa baru kebahagiaan dalam proses mencintai diri sendiri untuk kesehatan mental yang lebih baik, sebelum kita bersiap-siap kembali untuk menyambut tahun baru 2022 dengan penuh semangat dan suka cita!

Find our products on